RUANG KONSULTASI

Ruang ini diperuntukkan bagi dua klasifikasi :

1. Klasifikasi Umum ; yakni siapa saja yang ingin berkonsultasi tentang masalah keislaman khususnya masalah hukum perkawinan Islam.

2. Klasifikasi Khusus ; yakni bagi para mahasiswa yang penulis ampu.

4 thoughts on “RUANG KONSULTASI

  1. assalamualaikum Bapak Rajafi, saya ingin menanyakan perihal penyitaan tanah dan bangunan yang dikuasai oleh Tergugat (anak) namun masih merupakan harta bersama dari orang tuanya (salah satu merupakan Penggugat), yang mana penyitaan tersebut dilakukan atas permohonan dari pihak Penggugat dengan cara Sita Jaminan (Conservatoir Beslag) yang dilakukan Pengadilan Agama. Yang ingin saya tanyakan bagaimana pandangan hukum Islam mengenai pelaksanaan sita jaminan tersebut?
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih Bapak,
    wassalamualaikum

    • Wa’alaikum Salam Wr. Wb.
      Mengenai Sita Jaminan, Kompilasi Hukum Islam secara tersurat sudah menegaskan, bahwa sita jaminan adalah wewenang absolut Pengadilan Agama. Adapun dalam fiqh Islam, sita jaminan (conservatoir beslag) merupakan salah satu dari mashlahah mursalah, yaitu mashlahah al-hajjiyat, dibutuhkan untuk menyempurnakan dalam memelihara kebutuhan manusia berupa sebagian dari harta penggugat, karena sebagian dari harta yang disengketakan dikuasai oleh tergugat adalah hak dari penggugat dan juga harta tersebut berguna untuk menopang hidup dari penggugat dalam melangsungkan kehidupannya. Sesuai dengan kaidah dalam Islam yaitu al-Hajru berarti membatasi dalam mempergunakan atau mentasarufkan sebagian harta, guna menjaga hak dari penggugat. Pembentukan hukum ini dimaksudkan untuk mencari kemaslahatan dan menghindari kemadlaratan manusia yang bersifat sangat luas.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s