SAP MK_USHUL FIQH 1

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                            : Ushul Fiqh 1

Kode                                       :

Elemen Kompetensi                : Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Jenis Kompetensi                    : Utama

SKS                                         : 3 SKS

Waktu Pertemuan                    : 120 Menit

Pertemuan ke                           : 1

A. Kompetensi Dasar.

Mahasiswa mampu memahami definisi fiqh dan ushul fiqh, serta dapat memaparkan perbedaan antara fiqh dan ushul fiqh.

B. Materi Pokok.

1.      Definisi Ushul

2.      Definisi Fiqh

3.      Definisi Ushul Fiqh

4.      Perbedaan Antara Fiqh dan Ushul Fiqh

C. Kegiatan Perkuliahan

1.      Pendahuluan (10 menit)

Ø  Dosen menampilkan beberapa gambar masalah yang berkenaan dengan fiqh dan ushul fiqh

Ø  Mahasiswa mengungkapkan pendapatnya yang berkenaan dengan gambar

Ø  Dosen mengarahkan jawaban ke kompetensi dasar yang harus dikuasai mahasiswa.

2.      Kegiatan inti (70 menit)

Ø  Dosen memaparkan definisi dari ushul, fiqh dan ushul fiqh dengan berbagai contohnya (20 menit)

Ø  Mahasiswa  mendiskusikan definisi dari ushul, fiqh dan ushul fiqh dan membahas perbedaan di antara fiqh dan ushul fiqh. (30 menit)

Ø  Setiap mahasiswa mempresentasikan hasil kerjanya masing-masing dan mengungkapakan hal materi yang tidak dipahami oleh mahasiswa lain. (10 menit)

Ø  Dosen menanggapi dan menengahi permasalahan yang muncul (10 menit)

3.      Penutup    (10 menit)

Ø  Dosen menyimpulkan hasil perkuliahan hari ini.

D. Metode Perkuliahan.

Every one is a teacher here, diskusi, tanya jawab, ceramah

E. Media / Alat Pembelajaran.

  1. Alat Tulis, seperti white board, spidol, dan penghapus.
  2. Multi Media.
  3. Dan lain-lain.

F. Evaluasi.

Pada pertemuan pertama, evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses.

1.      Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi

2.      Keaktifan di dalam berdiskusi

LEMBAR PENILAIAN PROSES

No Nama Mahasiswa NIM Bertanya Menjawab Pendapat
1
2
3

G. Sumber.

1.      Abdul Aziz Dahlan,…[et al.], Ensiklopedia Hukum Islam, PT. Ichtiar Baru van Hoeve, Jakarta, 2001

2.      Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh Jilid 1, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997

3.      CD al-Qur’an versi 6

4.      CD al-Maktabah al-Syamilah versi 5505 Kitab

5.      CD Library of al-Fiqh

6.      Nazar Bakri, Fiqh dan Ushul Fiqh, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1996

7.      Rahmat Syafe’i, Ilmu Ushul Fiqh, Pustaka Setia, Bandung, 1999

8.      Syamsul Bahri, Metodologi Hukum Islam, Teras, Yogyakarta, 2008

9.      Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islami, Dar al-Fikr, Damaski, 2001

Manado, ……………..20…

Dosen

AHMAD RAJAFI, MHI

NIP. 19840414 200901 1 012

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                            : Ushul Fiqh 1

Kode                                       :

Elemen Kompetensi                : Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Jenis Kompetensi                    : Utama

SKS                                         : 3 SKS

Waktu Pertemuan                    : 120 Menit

Pertemuan ke                           : 2

A. Kompetensi Dasar.

Mahasiswa mampu memahami dan dapat memaparkan dengan tepat sejarah muncul dan pertumbuhan ushul fiqh.

B. Materi Pokok.

1.      Periode Nabi Muhammad saw

2.      Periode Sahabat

3.      Periode Tabi’in

C. Kegiatan Perkuliahan

1.      Pendahuluan (10 menit)

Dosen memaparkan terlebih dahulu perjalanan ushul fiqh dari masa ke masa secara singkat

2.      Kegiatan inti (70 menit)

Ø  Dosen memaparkan sejarah munculnya ushul fiqh serta menjelaskan pertumbuhan ushul fiqh dari masa Nabi Muhammad saw, sahabat dan masa tabi’in. (20 menit)

Ø  Mahasiswa  mendiskusikan sejarah muncul dan pertumbuhan ushul fiqh dan dikaitkan dengan pertumbuhannya di Indonesia. (30 menit)

Ø  Setiap mahasiswa saling mengungkapakan materi yang tidak dipahami oleh dirinya masing-masing. (10 menit)

Ø  Dosen menanggapi dan menengahi permasalahan yang muncul (10 menit)

3.      Penutup    (10 menit)

Ø  Dosen menyimpulkan hasil perkuliahan hari ini.

D. Metode Perkuliahan.

Every one is a teacher here, diskusi, tanya jawab, ceramah

E. Media / Alat Pembelajaran.

1.      Alat Tulis, seperti white board, spidol, dan penghapus.

2.      Multi Media.

3.      Dan lain-lain.

F. Evaluasi.

Pada pertemuan kedua, evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses.

1.      Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi

2.      Keaktifan di dalam berdiskusi

LEMBAR PENILAIAN PROSES

No Nama Mahasiswa NIM Bertanya Menjawab Pendapat
1
2
3

G. Sumber.

1.      Abdul Aziz Dahlan,…[et al.], Ensiklopedia Hukum Islam, PT. Ichtiar Baru van Hoeve, Jakarta, 2001

2.      Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh Jilid 1, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997

3.      CD al-Qur’an versi 6

4.      CD al-Maktabah al-Syamilah versi 5505 Kitab

5.      CD Library of al-Fiqh

6.      Rahmat Syafe’i, Ilmu Ushul Fiqh, Pustaka Setia, Bandung, 1999

7.      Syamsul Bahri, Metodologi Hukum Islam, Teras, Yogyakarta, 2008

8.      Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islami, Dar al-Fikr, Damaski, 2001

Manado, ……………..20…

Dosen

AHMAD RAJAFI, MHI

NIP. 19840414 200901 1 012

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                            : Ushul Fiqh 1

Kode                                       :

Elemen Kompetensi                : Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Jenis Kompetensi                    : Utama

SKS                                         : 3 SKS

Waktu Pertemuan                    : 120 Menit

Pertemuan ke                           : 3

A. Kompetensi Dasar.

Mahasiswa mampu memahami dan dapat memaparkan dengan tepat sejarah perkembangan ushul fiqh sebagai disiplin ilmu.

B. Materi Pokok.

1.      Perbedaan Pendapat Tentang Penulis Pertama Ushul Fiqh Sebagai Disiplin Ilmu

2.      Imam al-Syafi’i Penulis Pertama Ushul Fiqh Sebagai Disiplin Ilmu

3.      Displin Ilmu yang Dituangkan al-Syafi’i di Dalam Kitabnya al-Risalah

C. Kegiatan Perkuliahan

1.      Pendahuluan (10 menit)

Dosen memaparkan terlebih dahulu perjalanan ushul fiqh pasca masa tabi’in

2.      Kegiatan inti (70 menit)

Ø  Dosen memaparkan dari aspek sejarah tentang perbedaan pendapat para ulama ushul tentang penulis pertama ushul fiqh sebagai bagian dari disiplin ilmu. (20 menit)

Ø  Dosen memaparkan pendapat yang rajih bahwa Imam al-Syafi’i adalah penulis pertama ushul fiqh sebagai disiplin ilmu. (20 menit)

Ø  Dosen memaparkan tentang displin ilmu yang dituangkan oleh Imam al-Syafi’i di dalam kitabnya al-Risalah. (20 menit)

Ø  Dosen memberikan waktu agar mahasiswa bertanya dan dosen kemudian menanggapi permasalahan yang muncul (10 menit)

3.      Penutup    (10 menit)

Ø  Dosen menyimpulkan hasil perkuliahan hari ini dan memerintahkan mahasiswa untuk meresum pembahasan minggu depan dan mencari produk hukum apa yang orisinil dari Rasulullah saw.

D. Metode Perkuliahan.

Every one is a teacher here, diskusi, tanya jawab, ceramah

E. Media / Alat Pembelajaran.

1.      Alat Tulis, seperti white board, spidol, dan penghapus.

2.      Multi Media.

3.      Dan lain-lain.

F. Evaluasi.

Pada pertemuan ketiga, evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses.

1.      Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi

2.      Keaktifan di dalam bertanya

LEMBAR PENILAIAN PROSES

No Nama Mahasiswa NIM Bertanya Menjawab Pendapat
1
2
3

G. Sumber.

1.      Abdul Aziz Dahlan,…[et al.], Ensiklopedia Hukum Islam, PT. Ichtiar Baru van Hoeve, Jakarta, 2001

2.      Abi Abdillah Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i, AlRisâlah, Dar al-Kitab al-‘Arabi, Beirut, 2004

3.      Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh Jilid 1, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997

4.      CD al-Qur’an versi 6

5.      CD al-Maktabah al-Syamilah versi 5505 Kitab

6.      CD Library of al-Fiqh

7.      Rahmat Syafe’i, Ilmu Ushul Fiqh, Pustaka Setia, Bandung, 1999

8.      Syamsul Bahri, Metodologi Hukum Islam, Teras, Yogyakarta, 2008

9.      Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islami, Dar al-Fikr, Damaski, 2001

Manado, ……………..20…

Dosen

AHMAD RAJAFI, MHI

NIP. 19840414 200901 1 012

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                            : Ushul Fiqh 1

Kode                                       :

Elemen Kompetensi                : Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Jenis Kompetensi                    : Utama

SKS                                         : 3 SKS

Waktu Pertemuan                    : 120 Menit

Pertemuan ke                           : 4

A. Kompetensi Dasar.

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan dengan rinci ruang lingkup kajian di dalam ushul fiqh.

B. Materi Pokok.

1.      Deskripsi Masalah Tentang Ruang Lingkup Kajian Ushul Fiqh

2.      Deskripsi Tentang Dalil-Dalil Fiqhiyyah

3.      Penjelasan Singkat Tentang Metode Istinbath

4.      Penjelasan Singkat Tentang Hukum, Hakim, Mahkum Bih dan Mahkum ‘Alaih

5.      Penjelasan Singkat Tentang Ijtihad dan Syarat Mujtahid

C. Kegiatan Perkuliahan

1.      Pendahuluan (10 menit)

Dosen memaparkan tentang adanya perbedaan pendapat ulama ushul di dalam menetapkan ruang lingkup kajian ushul fiqh.

2.      Kegiatan inti (70 menit)

Ø  Dosen memaparkan secara singkat tentang deskripsi masalah tentang ruang lingkup kajian ushul fiqh serta penjelasan singkat tentang dalil-dalil fiqhiyyah, metode istinbath, hukum, hakim, mahkum bih dan mahkum ‘alaih, serta tentang ijtihad dan syarat mujtahid. (50 menit)

Ø  Dosen memberikan waktu agar mahasiswa bertanya dan dosen kemudian menanggapi permasalahan yang muncul (20 menit)

3.      Penutup    (10 menit)

Ø  Dosen menyimpulkan hasil perkuliahan hari ini.

D. Metode Perkuliahan.

Every one is a teacher here, tanya jawab, ceramah

E. Media / Alat Pembelajaran.

1.      Alat Tulis, seperti white board, spidol, dan penghapus.

2.      Multi Media.

3.      Dan lain-lain.

F. Evaluasi.

Pada pertemuan keempat, evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses.

1.      Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi

2.      Keaktifan di dalam bertanya

LEMBAR PENILAIAN PROSES

No Nama Mahasiswa NIM Bertanya Menjawab Pendapat
1
2
3

G. Sumber.

1.      Abdul Aziz Dahlan,…[et al.], Ensiklopedia Hukum Islam, PT. Ichtiar Baru van Hoeve, Jakarta, 2001

2.      Abu Hamid al-Ghazali, al-Mustashfa min ‘Ilm al-Ushul, Dar al-Fikr, Beirut, t.th

3.      Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh Jilid 1, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997

4.      CD al-Qur’an versi 6

5.      CD al-Maktabah al-Syamilah versi 5505 Kitab

6.      CD Library of al-Fiqh

7.      Rahmat Syafe’i, Ilmu Ushul Fiqh, Pustaka Setia, Bandung, 1999

8.      Syaifuddin Abil Hasan Ali bin Abi Ali bin Muhammad al-Amidi, al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam, Dar al-Fikr, Beirut, 1996

9.      Syamsul Bahri, Metodologi Hukum Islam, Teras, Yogyakarta, 2008

10.  Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islami, Dar al-Fikr, Damaski, 2001

Manado, ……………..20…

Dosen

AHMAD RAJAFI, MHI

NIP. 19840414 200901 1 012

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                            : Ushul Fiqh 1

Kode                                       :

Elemen Kompetensi                : Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Jenis Kompetensi                    : Utama

SKS                                         : 3 SKS

Waktu Pertemuan                    : 120 Menit

Pertemuan ke                           : 5

A. Kompetensi Dasar.

Mahasiswa mampu memahami dengan jelas definisi, pembagian al-hukm di dalam kajian ushul fiqh serta dapat menyebutkannya.

B. Materi Pokok.

1.      Definisi al-Hukmu

2.      Pembagian al-Hukmu Beserta Penjelasannya

C. Kegiatan Perkuliahan

1.      Pendahuluan (10 menit)

Dosen memaparkan terlebih dahulu tentang perbedaan antara hukum dalam bahasa Indonesia dengan al-hukm dalam bahasa Arab.

2.      Kegiatan inti (70 menit)

Ø  Dosen memaparkan materi kajian tentang definisi al-hukmdari berbagai pendekatan. (20 menit)

Ø  Dosen menjelaskan pembagian al-hukm beserta pengertiannya di dalam kajian ushul fiqh. (30 menit)

Ø  Dosen memberikan waktu kepada mahasiswa untuk saling bertukar pendapat tentang masalah yang terkait dengan materi inti dan dosen kemudian menanggapi permasalahan yang muncul (20 menit)

3.      Penutup    (10 menit)

Ø  Dosen menyimpulkan hasil perkuliahan hari ini.

D. Metode Perkuliahan.

Every one is a teacher here, diskusi, tanya jawab, ceramah

E. Media / Alat Pembelajaran.

1.      Alat Tulis, seperti white board, spidol, dan penghapus.

2.      Multi Media.

3.      Dan lain-lain.

F. Evaluasi.

Pada pertemuan kelima, evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses.

1.      Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi

Keaktifan di dalam berdiskusi

LEMBAR PENILAIAN PROSES

No Nama Mahasiswa NIM Bertanya Menjawab Pendapat
1
2
3

G. Sumber.

1.      Abdul Aziz Dahlan,…[et al.], Ensiklopedia Hukum Islam, PT. Ichtiar Baru van Hoeve, Jakarta, 2001

2.      Abi Abdillah Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i, AlRisâlah, Dar al-Kitab al-‘Arabi, Beirut, 2004

3.      Abu Hamid al-Ghazali, al-Mustashfa min ‘Ilm al-Ushul, Dar al-Fikr, Beirut, t.th

4.      Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh Jilid 1, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997

5.      CD al-Qur’an versi 6

6.      CD al-Maktabah al-Syamilah versi 5505 Kitab

7.      CD Library of al-Fiqh

8.      Muhammad Abu Zahrah, Ushul al-Fiqh, Dar al-Fikr al-Arabi, Beirut, t.th

9.      Rahmat Syafe’i, Ilmu Ushul Fiqh, Pustaka Setia, Bandung, 1999

10.  Syaifuddin Abil Hasan Ali bin Abi Ali bin Muhammad al-Amidi, al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam, Dar al-Fikr, Beirut, 1996

11.  Syamsul Bahri, Metodologi Hukum Islam, Teras, Yogyakarta, 2008

12.  Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islami, Dar al-Fikr, Damaski, 2001

Manado, ……………..20…

Dosen

AHMAD RAJAFI, MHI

NIP. 19840414 200901 1 012

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                            : Ushul Fiqh 1

Kode                                       :

Elemen Kompetensi                : Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Jenis Kompetensi                    : Utama

SKS                                         : 3 SKS

Waktu Pertemuan                    : 120 Menit

Pertemuan ke                           : 6

A. Kompetensi Dasar.

Mahasiswa mampu memahami dengan jelas definisi dari hukum taklif di dalam kajian ushul fiqh serta dapat menyebutkan pembagiannya.

B. Materi Pokok.

1.      Definisi Hukum Taklif

2.      Pembagian Hukum Taklif

3.      Definisi dan Penjelasan Tentang Wajib, Sunnah, Makruh, Ibahah, Haram

C. Kegiatan Perkuliahan

1.      Pendahuluan (10 menit).

Dosen mengulas terlebih dahulu materi pertemuan yang lalu untuk masuk pada materi kajian hukum taklif.

2.      Kegiatan inti (70 menit)

Ø  Dosen memaparkan definisi hukum taklif dan menjelaskan tentang adanya pembagian di dalam hukum taklif. (20 menit)

Ø  Dosen menjelaskan tentang pengertian kajian tentang wajib, sunnah, makruh, ibahah dan haram. (20 menit)

Ø  Dosen memberikan waktu kepada mahasiswa untuk saling bertukar pendapat tentang masalah yang terkait dengan materi inti dan dosen kemudian menanggapi permasalahan yang muncul (30 menit)

3.      Penutup    (10 menit)

Ø  Dosen menyimpulkan hasil perkuliahan hari ini.

D. Metode Perkuliahan.

Every one is a teacher here, diskusi, tanya jawab, ceramah

E. Media / Alat Pembelajaran.

1.      Alat Tulis, seperti white board, spidol, dan penghapus.

2.      Multi Media.

3.      Dan lain-lain.

F. Evaluasi.

Pada pertemuan keenam, evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses.

1.      Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi

2.      Keaktifan di dalam berdiskusi

LEMBAR PENILAIAN PROSES

No Nama Mahasiswa NIM Bertanya Menjawab Pendapat
1
2
3

G. Sumber.

1.      Abdul Aziz Dahlan,…[et al.], Ensiklopedia Hukum Islam, PT. Ichtiar Baru van Hoeve, Jakarta, 2001

2.      Abi Abdillah Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i, AlRisâlah, Dar al-Kitab al-‘Arabi, Beirut, 2004

3.      Abu Hamid al-Ghazali, al-Mustashfa min ‘Ilm al-Ushul, Dar al-Fikr, Beirut, t.th

4.      Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh Jilid 1, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997

5.      CD al-Qur’an versi 6

6.      CD al-Maktabah al-Syamilah versi 5505 Kitab

7.      CD Library of al-Fiqh

8.      Muhammad Abu Zahrah, Ushul al-Fiqh, Dar al-Fikr al-Arabi, Beirut, t.th

9.      Rahmat Syafe’i, Ilmu Ushul Fiqh, Pustaka Setia, Bandung, 1999

10.  Syaifuddin Abil Hasan Ali bin Abi Ali bin Muhammad al-Amidi, al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam, Dar al-Fikr, Beirut, 1996

11.  Syamsul Bahri, Metodologi Hukum Islam, Teras, Yogyakarta, 2008

12.  Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islami, Dar al-Fikr, Damaski, 2001

Manado, ……………..20…

Dosen

AHMAD RAJAFI, MHI

NIP. 19840414 200901 1 012

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                            : Ushul Fiqh 1

Kode                                       :

Elemen Kompetensi                : Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Jenis Kompetensi                    : Utama

SKS                                         : 3 SKS

Waktu Pertemuan                    : 120 Menit

Pertemuan ke                           : 7

A. Kompetensi Dasar.

Mahasiswa mampu memahami dengan jelas definisi dari hukum wadh’i di dalam kajian ushul fiqh serta dapat menyebutkan pembagiannya.

B. Materi Pokok.

1.      Definisi Hukum Wadh’i

2.      Pembagian Hukum Wadh’i

3.      Definisi dan Penjelasan Tentang Sabab dan Pembagiannya, Syarat, Mani’, Sah dan Bathal, Rukhshah dan Azimah

C. Kegiatan Perkuliahan

1.      Pendahuluan (10 menit).

Dosen mengulas terlebih dahulu materi pertemuan yang lalu untuk masuk pada materi kajian hukum wadh’i.

2.      Kegiatan inti (70 menit)

Ø  Dosen memaparkan definisi hukum wadh’i dan menjelaskan tentang adanya pembagian di dalam hukum wadh’i. (20 menit)

Ø  Dosen menjelaskan tentang pengertian sabab dan pembagiannya, syarat, mani’, sah dan bathal, rukhshah dan azimah. (20 menit)

Ø  Dosen memberikan waktu kepada mahasiswa untuk saling bertukar pendapat tentang masalah yang terkait dengan materi inti dan dosen kemudian menanggapi permasalahan yang muncul (30 menit)

3.      Penutup    (10 menit)

Ø  Dosen menyimpulkan hasil perkuliahan hari ini.

D. Metode Perkuliahan.

Every one is a teacher here, diskusi, tanya jawab, ceramah

E. Media / Alat Pembelajaran.

1.      Alat Tulis, seperti white board, spidol, dan penghapus.

2.      Multi Media.

3.      Dan lain-lain.

F. Evaluasi.

Pada pertemuan ketujuh, evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses.

1.      Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi

2.      Keaktifan di dalam bertanya

LEMBAR PENILAIAN PROSES

No Nama Mahasiswa NIM Bertanya Menjawab Pendapat
1
2
3

G. Sumber.

1.      Abdul Aziz Dahlan,…[et al.], Ensiklopedia Hukum Islam, PT. Ichtiar Baru van Hoeve, Jakarta, 2001

2.      Abi Abdillah Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i, AlRisâlah, Dar al-Kitab al-‘Arabi, Beirut, 2004

3.      Abu Hamid al-Ghazali, al-Mustashfa min ‘Ilm al-Ushul, Dar al-Fikr, Beirut, t.th

4.      Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh Jilid 1, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997

5.      CD al-Qur’an versi 6

6.      CD al-Maktabah al-Syamilah versi 5505 Kitab

7.      CD Library of al-Fiqh

8.      Muhammad Abu Zahrah, Ushul al-Fiqh, Dar al-Fikr al-Arabi, Beirut, t.th

9.      Rahmat Syafe’i, Ilmu Ushul Fiqh, Pustaka Setia, Bandung, 1999

10.  Syaifuddin Abil Hasan Ali bin Abi Ali bin Muhammad al-Amidi, al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam, Dar al-Fikr, Beirut, 1996

11.  Syamsul Bahri, Metodologi Hukum Islam, Teras, Yogyakarta, 2008

12.  Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islami, Dar al-Fikr, Damaski, 2001

Manado, ……………..20…

Dosen

AHMAD RAJAFI, MHI

NIP. 19840414 200901 1 012

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                            : Ushul Fiqh 1

Kode                                       :

Elemen Kompetensi                : Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Jenis Kompetensi                    : Utama

SKS                                         : 3 SKS

Waktu Pertemuan                    : 120 Menit

Pertemuan ke                           : 8

UJIAN TENGAH SEMESTER

Soal :

1.      Sebutkan pengertian dari ushul, fiqh, dan ushul fiqh, serta jelaskan perbedaan antara fiqh dan ushul fiqh? (skor : 20)

2.      Paparkan secara jelas sejarah perkembangan ushul fiqh sebagai bagian dari disiplin ilmu, dan paparkan secara tepat displin ilmu yang telah dituangkan al-Syafi’i di dalam kitabnya al-Risalah? (Skor : 50)

3.      Sebutkan ruang lingkup kajian ushul fiqh dari berbagai pendekatan? (skor : 10)

4.      Jelaskan pengertian dari al-hukm, hukum taklif dan wadh’i serta sebutkan pembagiannya ? (skor : 20)

Kriteria Penilaian :

Soal 1 : bila hanya menyebutkan pengertian ushul, fiqh, dan ushul fiqh, skor 10

bila lengkap, skor 20

Soal 2 : bila hanya memaparkan sejarah perkembangan ushul fiqh, skor 20

bila lengkap, skor 50

Soal 4 : bila hanya menyebutkan definisi, skor 10

bila lengkap, skor 20

Manado, ……………..20…

Dosen

AHMAD RAJAFI, MHI

NIP. 19840414 200901 1 012

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                            : Ushul Fiqh 1

Kode                                       :

Elemen Kompetensi                : Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Jenis Kompetensi                    : Utama

SKS                                         : 3 SKS

Waktu Pertemuan                    : 120 Menit

Pertemuan ke                           : 9

A. Kompetensi Dasar.

Mahasiswa mampu memahami dengan jelas definisi dari al-hakim, mahkum bih/fih, dan mahkum ‘alaih serta dapat menjelaskannya dengan tepat.

B. Materi Pokok.

1.      Definisi dan Penjelasan Tentang al-Hakim

2.      Definisi dan Penjelasan Tentang Mahkum Bih/Fih

3.      Definisi dan Penjelasan Tentang Mahkum ‘Alaih

C. Kegiatan Perkuliahan

1.      Pendahuluan (10 menit).

Dosen mengulas terlebih dahulu materi pertemuan yang lalu untuk masuk pada materi kajian tentang al-hakim, mahkum bih/fih, dan mahkum ‘alaih.

2.      Kegiatan inti (70 menit)

Ø  Dosen memaparkan definisi dan menjelaskan secara rinci tentang al-hakim, mahkum bih/fih, dan mahkum ‘alaih. (40 menit)

Ø  Dosen memberikan waktu kepada mahasiswa untuk saling bertukar pendapat tentang masalah yang terkait dengan materi inti dan dosen kemudian menanggapi permasalahan yang muncul (30 menit)

3.      Penutup    (10 menit)

Ø  Dosen menyimpulkan hasil perkuliahan hari ini.

D. Metode Perkuliahan.

Every one is a teacher here, tanya jawab, ceramah

E. Media / Alat Pembelajaran.

1.      Alat Tulis, seperti white board, spidol, dan penghapus.

2.      Multi Media.

3.      Dan lain-lain.

F. Evaluasi.

Pada pertemuan kesembilan, evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses.

1.      Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi

2.      Keaktifan di dalam bertanya

LEMBAR PENILAIAN PROSES

No Nama Mahasiswa NIM Bertanya Menjawab Pendapat
1
2
3

G. Sumber.

1.      Abdul Aziz Dahlan,…[et al.], Ensiklopedia Hukum Islam, PT. Ichtiar Baru van Hoeve, Jakarta, 2001

2.      Abdul Wahab Khalaf, Ilmu Ushul Fiqh, Beirut, Dar al-Fiqh, t.th

3.      Abu Hamid al-Ghazali, al-Mustashfa min ‘Ilm al-Ushul, Dar al-Fikr, Beirut, t.th

4.      Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh Jilid 1, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997

5.      CD al-Qur’an versi 6

6.      CD al-Maktabah al-Syamilah versi 5505 Kitab

7.      CD Library of al-Fiqh

8.      Muhammad Abu Zahrah, Ushul al-Fiqh, Dar al-Fikr al-Arabi, Beirut, t.th

9.      Rahmat Syafe’i, Ilmu Ushul Fiqh, Pustaka Setia, Bandung, 1999

10.  Syaifuddin Abil Hasan Ali bin Abi Ali bin Muhammad al-Amidi, al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam, Dar al-Fikr, Beirut, 1996

11.  Syamsul Bahri, Metodologi Hukum Islam, Teras, Yogyakarta, 2008

12.  Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islami, Dar al-Fikr, Damaski, 2001

Manado, ……………..20…

Dosen

AHMAD RAJAFI, MHI

NIP. 19840414 200901 1 012

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                            : Ushul Fiqh 1

Kode                                       :

Elemen Kompetensi                : Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Jenis Kompetensi                    : Utama

SKS                                         : 3 SKS

Waktu Pertemuan                    : 120 Menit

Pertemuan ke                           : 10

A. Kompetensi Dasar.

Mahasiswa mampu memahami dengan jelas al-Qur’an sebagai sumber dan dalil dalam perumusan hukum Islam.

B. Materi Pokok.

1.      Pengertian Sumber dan Dalil

2.      Al-Qur’an Sebagai Sumber dan Dalil

a.       Pengertian al-Qur’an

b.      Otentisitas al-Qur’an

c.       Fungsi dan Tujuan Turunnya al-Qur’an

d.      Mukjizat al-Qur’an

e.       Ibarat al-Qur’an Dalam Menetapkan Hukum

f.        Penjelasan al-Qur’an Terhadap Hukum

g.      Hukum yang Terkandung di Dalam al-Qur’an

h.      Al-Qur’an Sebagai Sumber Fiqh

C. Kegiatan Perkuliahan

1.      Pendahuluan (10 menit).

Ø  Dosen menampilkan gambar al-Qur’an

Ø  Mahasiswa mengungkapkan pendapatnya yang berkenaan dengan gambar

Ø  Dosen mengarahkan jawaban ke kompetensi dasar yang harus dikuasai mahasiswa dan meminta mahasiswa menyiapkan bahan untuk diskusi.

2.      Kegiatan inti (70 menit)

Ø  Dosen memaparkan definisi sumber dan dalil serta pengertian dari al-Qur’an al-Karim. (10 menit)

Ø  Mahasiswa  mencari bahan diskusi tentang otentisitas al-Qur’an, fungsi dan tujuan turunnya al-Qur’an, mukjizat al-Qur’an, ibarat al-Qur’an dalam menetapkan hukum, penjelasan al-Qur’an terhadap hukum, hukum yang terkandung di dalam al-Qur’an, al-Qur’an sebagai sumber fiqh. (20 menit)

Ø  Dosen membagi kertas kepada setiap mahasiswa dan meminta mereka untuk menulis dan mempresentasikan satu pertanyaan mengehai hal-hal  yang tidak dipahami berkenaan dengan materi. (20 menit)

Ø  Mahasiswa yang lain menanggapi presentasi mahasiswa dan membantu menjelaskan hal materi yang dipertanyakan kelompok presentasi, serta dosen menanggapi dan menengahi permasalahan yang  muncul (20 menit)

3.      Penutup    (10 menit)

Ø  Dosen menyimpulkan hasil perkuliahan hari ini.

D. Metode Perkuliahan.

Every one is a teacher here, diskusi, tanya jawab, ceramah

E. Media / Alat Pembelajaran.

1.      Alat Tulis, seperti white board, spidol, dan penghapus.

2.      Multi Media.

3.      Dan lain-lain.

F. Evaluasi.

Pada pertemuan kesepuluh, evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses.

1.      Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi

2.      Keaktifan di dalam berdiskusi

LEMBAR PENILAIAN PROSES

No Nama Mahasiswa NIM Bertanya Menjawab Pendapat
1
2
3

G. Sumber.

1.      Abdul Aziz Dahlan,…[et al.], Ensiklopedia Hukum Islam, PT. Ichtiar Baru van Hoeve, Jakarta, 2001

2.      Abdul Wahab Khalaf, Ilmu Ushul Fiqh, Beirut, Dar al-Fiqh, t.th

3.      Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh Jilid 1, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997

4.      CD al-Qur’an versi 6

5.      CD al-Maktabah al-Syamilah versi 5505 Kitab

6.      Muhammad Abu Zahrah, Ushul al-Fiqh, Dar al-Fikr al-Arabi, Beirut, t.th

7.      Syaifuddin Abil Hasan Ali bin Abi Ali bin Muhammad al-Amidi, al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam, Dar al-Fikr, Beirut, 1996

8.      Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islami, Dar al-Fikr, Damaski, 2001

Manado, ……………..20…

Dosen

AHMAD RAJAFI, MHI

NIP. 19840414 200901 1 012

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                            : Ushul Fiqh 1

Kode                                       :

Elemen Kompetensi                : Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Jenis Kompetensi                    : Utama

SKS                                         : 3 SKS

Waktu Pertemuan                    : 120 Menit

Pertemuan ke                           : 11

A. Kompetensi Dasar.

Mahasiswa mampu memahami dengan jelas al-Sunnah sebagai sumber dan dalil dalam perumusan hukum Islam.

B. Materi Pokok.

1.      Pengertian al-Sunnah

2.      Macam-Macam al-Sunnah

3.      Periwayatan al-Sunnah

4.      Fungsi al-Sunnah

5.      Kedudukan al-Sunnah Sebagai Sumber Hukum

C. Kegiatan Perkuliahan

1.      Pendahuluan (10 menit).

Ø  Dosen menampilkan beberapa kitab hadits

Ø  Mahasiswa mengungkapkan pendapatnya yang berkenaan dengan apa yang dibawa oleh Dosen

Ø  Dosen mengarahkan jawaban ke kompetensi dasar yang harus dikuasai mahasiswa dan meminta mahasiswa membuat 3 kelompok.

2.      Kegiatan inti (70 menit)

Ø  Dosen memaparkan definisi, dan macam-macam al-sunnah. (10 menit)

Ø  Setiap kelompok mencari bahan diskusi tentang periwayatan al-Sunnah, fungsi al-Sunnah, kedudukan al-Sunnah sebagai sumber hukum. (20 menit)

Ø  Dosen membagi kertas kepada setiap kelompok dan meminta mereka untuk menulis dan mempresentasikan satu pertanyaan mengehai hal-hal  yang tidak dipahami berkenaan dengan materi. (20 menit)

Ø  Kelompok lain menanggapi kelompok yang melakukan presentasi dan dapat pula membantu menjelaskan hal materi yang dipertanyakan kelompok presentasi, serta dosen menanggapi dan menengahi permasalahan yang  muncul (20 menit)

3.      Penutup    (10 menit)

Ø  Dosen menyimpulkan hasil perkuliahan hari ini.

D. Metode Perkuliahan.

Every one is a teacher here, diskusi, tanya jawab, ceramah

E. Media / Alat Pembelajaran.

1.      Alat Tulis, seperti white board, spidol, dan penghapus.

2.      Multi Media.

3.      Dan lain-lain.

F. Evaluasi.

Pada pertemuan kesebelas, evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses.

1.      Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi

2.      Keaktifan di dalam berdiskusi

LEMBAR PENILAIAN PROSES

No Nama Mahasiswa NIM Bertanya Menjawab Pendapat
1
2
3

G. Sumber.

1.      Abdul Aziz Dahlan,…[et al.], Ensiklopedia Hukum Islam, PT. Ichtiar Baru van Hoeve, Jakarta, 2001

2.      Abdul Wahab Khalaf, Ilmu Ushul Fiqh, Beirut, Dar al-Fiqh, t.th

3.      Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh Jilid 1, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997

4.      CD Hadits al-Bayan

5.      CD al-Maktabah al-Syamilah versi 5505 Kitab

6.      CD Library of al-Fiqh

7.      Muhammad Abu Zahrah, Ushul al-Fiqh, Dar al-Fikr al-Arabi, Beirut, t.th

8.      Rahmat Syafe’i, Ilmu Ushul Fiqh, Pustaka Setia, Bandung, 1999

9.      Syaifuddin Abil Hasan Ali bin Abi Ali bin Muhammad al-Amidi, al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam, Dar al-Fikr, Beirut, 1996

10.  Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islami, Dar al-Fikr, Damaski, 2001

Manado, ……………..20…

Dosen

AHMAD RAJAFI, MHI

NIP. 19840414 200901 1 012

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                            : Ushul Fiqh 1

Kode                                       :

Elemen Kompetensi                : Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Jenis Kompetensi                    : Utama

SKS                                         : 3 SKS

Waktu Pertemuan                    : 120 Menit

Pertemuan ke                           : 12

A. Kompetensi Dasar.

Mahasiswa mampu memahami dengan jelas al-Ijma’ sebagai sumber dan dalil dalam perumusan hukum Islam.

B. Materi Pokok.

1.      Pengertian al-Ijma’

2.      Kemungkinan Terjadinya Ijma’

3.      Kedudukan Ijma’ Sebagai Dalil Hukum

4.      Pendapat Para Ulama Tentang Persyaratan dan Pembatasan Ijma’

C. Kegiatan Perkuliahan

1.      Pendahuluan (10 menit).

Dosen memaparkan pengertian dari ijma’.

2.      Kegiatan inti (70 menit)

Ø  Dosen menjelaskan kemungkinan terjadinya ijma’, kedudukan ijma’ sebagai dalil hukum, dan pendapat para ulama tentang persyaratan dan pembatasan ijm’a. (40 menit)

Ø  Dosen memberikan waktu kepada mahasiswa untuk saling bertukar pendapat tentang masalah yang terkait dengan materi inti dan dosen kemudian menanggapi permasalahan yang muncul (30 menit)

3.      Penutup    (10 menit)

Ø  Dosen menyimpulkan hasil perkuliahan hari ini.

D. Metode Perkuliahan.

Every one is a teacher here, tanya jawab, ceramah

E. Media / Alat Pembelajaran.

1.      Alat Tulis, seperti white board, spidol, dan penghapus.

2.      Multi Media.

3.      Dan lain-lain.

F. Evaluasi.

Pada pertemuan kedua belas, evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses.

1.      Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi

2.      Keaktifan di dalam bertanya dan menanggapi masalah

LEMBAR PENILAIAN PROSES

No Nama Mahasiswa NIM Bertanya Menjawab Pendapat
1
2
3

G. Sumber.

1.      Abdul Aziz Dahlan,…[et al.], Ensiklopedia Hukum Islam, PT. Ichtiar Baru van Hoeve, Jakarta, 2001

2.      Abdul Wahab Khalaf, Ilmu Ushul Fiqh, Beirut, Dar al-Fiqh, t.th

3.      Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh Jilid 1, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997

4.      CD al-Maktabah al-Syamilah versi 5505 Kitab

5.      CD Library of al-Fiqh

6.      Ibnu Qayyim al-Jauziyah, I’lam al-Muqi’in ‘an Qabbi al-‘Alamin, Dar al-Fikr, Beirut, 2005

7.      Muhammad Abu Zahrah, Ushul al-Fiqh, Dar al-Fikr al-Arabi, Beirut, t.th

8.      Rahmat Syafe’i, Ilmu Ushul Fiqh, Pustaka Setia, Bandung, 1999

9.      Syaifuddin Abil Hasan Ali bin Abi Ali bin Muhammad al-Amidi, al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam, Dar al-Fikr, Beirut, 1996

10.  Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islami, Dar al-Fikr, Damaski, 2001

Manado, ……………..20…

Dosen

AHMAD RAJAFI, MHI

NIP. 19840414 200901 1 012

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                            : Ushul Fiqh 1

Kode                                       :

Elemen Kompetensi                : Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Jenis Kompetensi                    : Utama

SKS                                         : 3 SKS

Waktu Pertemuan                    : 120 Menit

Pertemuan ke                           : 13

A. Kompetensi Dasar.

Mahasiswa mampu memahami dengan jelas al-Qiyas sebagai sumber dan dalil dalam perumusan hukum Islam.

B. Materi Pokok.

1.      Pengertian al-Qiyas

2.      Qiyas Sebagai Dalil Hukum Syara’

3.      Syarat-syarat Qiyas

4.      Pembagian Qiyas

C. Kegiatan Perkuliahan

1.      Pendahuluan (10 menit).

Dosen memaparkan pengertian dari al-Qiyas.

2.      Kegiatan inti (70 menit)

Ø  Dosen menjelaskan tentang qiyas sebagai dalil hukum syara’, syarat-syarat dan pembagian qiyas. (30 menit)

Ø  Dosen memberikan waktu kepada mahasiswa untuk saling bertukar pendapat tentang masalah yang terkait dengan materi inti. (20)

Ø  Dosen menanggapi permasalahan yang muncul (20 menit)

3.      Penutup    (10 menit)

Ø  Dosen menyimpulkan hasil perkuliahan hari ini.

D. Metode Perkuliahan.

Every one is a teacher here, tanya jawab, ceramah

E. Media / Alat Pembelajaran.

1.      Alat Tulis, seperti white board, spidol, dan penghapus.

2.      Multi Media.

3.      Dan lain-lain.

F. Evaluasi.

Pada pertemuan ketiga belas, evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses.

1.      Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi

2.      Keaktifan di dalam bertanya dan menanggapi masalah

LEMBAR PENILAIAN PROSES

No Nama Mahasiswa NIM Bertanya Menjawab Pendapat
1
2
3

G. Sumber.

1.      Abdul Aziz Dahlan,…[et al.], Ensiklopedia Hukum Islam, PT. Ichtiar Baru van Hoeve, Jakarta, 2001

2.      Abdul Wahab Khalaf, Ilmu Ushul Fiqh, Beirut, Dar al-Fiqh, t.th

3.      Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh Jilid 1, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997

4.      CD al-Maktabah al-Syamilah versi 5505 Kitab

5.      CD Library of al-Fiqh

6.      Ibnu Qayyim al-Jauziyah, I’lam al-Muqi’in ‘an Qabbi al-‘Alamin, Dar al-Fikr, Beirut, 2005

7.      Muhammad Abu Zahrah, Ushul al-Fiqh, Dar al-Fikr al-Arabi, Beirut, t.th

8.      Rahmat Syafe’i, Ilmu Ushul Fiqh, Pustaka Setia, Bandung, 1999

9.      Syaifuddin Abil Hasan Ali bin Abi Ali bin Muhammad al-Amidi, al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam, Dar al-Fikr, Beirut, 1996

10.  Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islami, Dar al-Fikr, Damaski, 2001

Manado, ……………..20…

Dosen

AHMAD RAJAFI, MHI

NIP. 19840414 200901 1 012

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                            : Ushul Fiqh 1

Kode                                       :

Elemen Kompetensi                : Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Jenis Kompetensi                    : Utama

SKS                                         : 3 SKS

Waktu Pertemuan                    : 120 Menit

Pertemuan ke                           : 14

A. Kompetensi Dasar.

Mahasiswa mampu memahami dengan jelas tatacara yang harus dilakukan jika terjadi benturan antara dalil hukum.

B. Materi Pokok.

1.      Penyelesaian Dalil-dalil yang Berbenturan

2.      Naskh

3.      Tarjih

C. Kegiatan Perkuliahan

1.      Pendahuluan (10 menit).

Dosen memaparkan tentang penyelesaian dalil-dalil yang berbenturan.

2.      Kegiatan inti (70 menit)

Ø  Dosen menjelaskan tentang penggunaan nasakh dan tarjih dalam menyelesaikan permasalahan dalil-dalil yang berbenturan. (30 menit)

Ø  Dosen memberikan waktu kepada mahasiswa untuk saling bertukar pendapat tentang masalah yang terkait dengan materi inti. (20)

Ø  Dosen menanggapi permasalahan yang muncul (20 menit)

3.      Penutup    (10 menit)

Ø  Dosen menyimpulkan hasil perkuliahan hari ini.

D. Metode Perkuliahan.

Every one is a teacher here, tanya jawab, ceramah

E. Media / Alat Pembelajaran.

1.      Alat Tulis, seperti white board, spidol, dan penghapus.

2.      Multi Media.

3.      Dan lain-lain.

F. Evaluasi.

Pada pertemuan keempat belas, evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses.

1.      Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi

2.      Keaktifan di dalam bertanya dan menanggapi masalah

LEMBAR PENILAIAN PROSES

No Nama Mahasiswa NIM Bertanya Menjawab Pendapat
1
2
3

G. Sumber.

1.      Abdul Aziz Dahlan,…[et al.], Ensiklopedia Hukum Islam, PT. Ichtiar Baru van Hoeve, Jakarta, 2001

2.      Abdul Wahab Khalaf, Ilmu Ushul Fiqh, Beirut, Dar al-Fiqh, t.th

3.      Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh Jilid 1, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997

4.      CD al-Maktabah al-Syamilah versi 5505 Kitab

5.      CD Library of al-Fiqh

6.      Ibnu Qayyim al-Jauziyah, I’lam al-Muqi’in ‘an Qabbi al-‘Alamin, Dar al-Fikr, Beirut, 2005

7.      Muhammad Abu Zahrah, Ushul al-Fiqh, Dar al-Fikr al-Arabi, Beirut, t.th

8.      Rahmat Syafe’i, Ilmu Ushul Fiqh, Pustaka Setia, Bandung, 1999

9.      Syaifuddin Abil Hasan Ali bin Abi Ali bin Muhammad al-Amidi, al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam, Dar al-Fikr, Beirut, 1996

10.  Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islami, Dar al-Fikr, Damaski, 2001

Manado, ……………..20…

Dosen

AHMAD RAJAFI, MHI

NIP. 19840414 200901 1 012

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                            : Ushul Fiqh 1

Kode                                       :

Elemen Kompetensi                : Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Jenis Kompetensi                    : Utama

SKS                                         : 3 SKS

Waktu Pertemuan                    : 120 Menit

Pertemuan ke                           : 15

A. Kompetensi Dasar.

Mahasiswa mampu memahami dengan jelas dan dapat menjelaskan dengan baik metode-metode istinbath dengan pendekatan tekstual/lafzhi dan pendekatan substansial/maknawi.

B. Materi Pokok.

1.      Metode-metode Istinbath

2.      Pendekatan Tekstual/Lafzhi

3.      Pendekatan Substansial/Maknawi

C. Kegiatan Perkuliahan

1.      Pendahuluan (10 menit).

Dosen memaparkan tentang berbagai metode dalam istinbath.

2.      Kegiatan inti (70 menit)

Ø  Dosen menjelaskan tentang metode istinbath dengan pendekatan maknawi dan lafzhi. (30 menit)

Ø  Dosen memberikan waktu kepada mahasiswa untuk saling bertukar pendapat tentang masalah yang terkait dengan materi inti. (20)

Ø  Dosen menanggapi permasalahan yang muncul (20 menit)

3.      Penutup    (10 menit)

Ø  Dosen menyimpulkan hasil perkuliahan hari ini.

D. Metode Perkuliahan.

Every one is a teacher here, tanya jawab, ceramah

E. Media / Alat Pembelajaran.

1.      Alat Tulis, seperti white board, spidol, dan penghapus.

2.      Multi Media.

3.      Dan lain-lain.

F. Evaluasi.

Pada pertemuan kelima belas, evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses.

1.      Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi

2.      Keaktifan di dalam bertanya dan menanggapi masalah

LEMBAR PENILAIAN PROSES

No Nama Mahasiswa NIM Bertanya Menjawab Pendapat
1
2
3

G. Sumber.

1.      Abdul Aziz Dahlan,…[et al.], Ensiklopedia Hukum Islam, PT. Ichtiar Baru van Hoeve, Jakarta, 2001

2.      Abdul Wahab Khalaf, Ilmu Ushul Fiqh, Beirut, Dar al-Fiqh, t.th

3.      Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh Jilid 1, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997

4.      CD al-Maktabah al-Syamilah versi 5505 Kitab

5.      CD Library of al-Fiqh

6.      Ibnu Qayyim al-Jauziyah, I’lam al-Muqi’in ‘an Qabbi al-‘Alamin, Dar al-Fikr, Beirut, 2005

7.      Muhammad Abu Zahrah, Ushul al-Fiqh, Dar al-Fikr al-Arabi, Beirut, t.th

8.      Rahmat Syafe’i, Ilmu Ushul Fiqh, Pustaka Setia, Bandung, 1999

9.      Syaifuddin Abil Hasan Ali bin Abi Ali bin Muhammad al-Amidi, al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam, Dar al-Fikr, Beirut, 1996

10.  Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islami, Dar al-Fikr, Damaski, 2001

Manado, ……………..20…

Dosen

AHMAD RAJAFI, MHI

NIP. 19840414 200901 1 012

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                            : Ushul Fiqh 1

Kode                                       :

Elemen Kompetensi                : Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Jenis Kompetensi                    : Utama

SKS                                         : 3 SKS

Waktu Pertemuan                    : 120 Menit

Pertemuan ke                           : 16

A. Kompetensi Dasar.

Mahasiswa mampu memahami dengan jelas dan dapat menjelaskan dengan baik ijtihad, mujtahid dan sifatnya.

B. Materi Pokok.

1.      Definisi Ijtihad dan Mujjtahid

2.      Sifat Mujtahid

C. Kegiatan Perkuliahan

1.      Pendahuluan (10 menit).

Dosen mengulas terlebih dahulu materi pertemuan yang lalu untuk masuk pada materi kajian tentang ijtihad, mujtahid dan sifatnya.

2.      Kegiatan inti (70 menit)

Ø  Dosen menjelaskan tentang definisi ijtihad, mujtahid dan sifat dari mujtahid. (30 menit)

Ø  Dosen memberikan waktu kepada mahasiswa untuk saling bertukar pendapat tentang masalah yang terkait dengan materi inti. (20)

Ø  Dosen menanggapi permasalahan yang muncul (20 menit)

3.      Penutup    (10 menit)

Ø  Dosen menyimpulkan hasil perkuliahan hari ini.

D. Metode Perkuliahan.

Every one is a teacher here, tanya jawab, ceramah

E. Media / Alat Pembelajaran.

1.      Alat Tulis, seperti white board, spidol, dan penghapus.

2.      Multi Media.

3.      Dan lain-lain.

F. Evaluasi.

Pada pertemuan keenam belas, evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses.

1.      Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi

2.      Keaktifan di dalam bertanya dan menanggapi masalah

LEMBAR PENILAIAN PROSES

No Nama Mahasiswa NIM Bertanya Menjawab Pendapat
1
2
3

G. Sumber.

1.      Abdul Aziz Dahlan,…[et al.], Ensiklopedia Hukum Islam, PT. Ichtiar Baru van Hoeve, Jakarta, 2001

2.      Abdul Wahab Khalaf, Ilmu Ushul Fiqh, Beirut, Dar al-Fiqh, t.th

3.      Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh Jilid 1, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997

4.      CD al-Maktabah al-Syamilah versi 5505 Kitab

5.      CD Library of al-Fiqh

6.      Ibnu Qayyim al-Jauziyah, I’lam al-Muqi’in ‘an Qabbi al-‘Alamin, Dar al-Fikr, Beirut, 2005

7.      Muhammad Abu Zahrah, Ushul al-Fiqh, Dar al-Fikr al-Arabi, Beirut, t.th

8.      Rahmat Syafe’i, Ilmu Ushul Fiqh, Pustaka Setia, Bandung, 1999

9.      Syaifuddin Abil Hasan Ali bin Abi Ali bin Muhammad al-Amidi, al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam, Dar al-Fikr, Beirut, 1996

10.  Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-Islami, Dar al-Fikr, Damaski, 2001

Manado, ……………..20…

Dosen

AHMAD RAJAFI, MHI

NIP. 19840414 200901 1 012

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                            : Ushul Fiqh 1

Kode                                       :

Elemen Kompetensi                : Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Jenis Kompetensi                    : Utama

SKS                                         : 3 SKS

Waktu Pertemuan                    : 120 Menit

Pertemuan ke                           : 17

UJIAN AKHIR SEMESTER

Soal :

1.      Pada masa sahabat yang lebih dekat dengan tradisi kehidupan Rasulullah saw, pemecahan masalah hukum lebih banyak bersandar pada al-Qur’an dan tradisi yang dibawa oleh Rasul, dan mereka saling bertukar informasi tentang tradisi Rasul tersebut. Begitu juga dengan masa sesudahnya, yakni masa tabi’in. Praktik inilah yang kemudian berkembang menjadi uraian kajian di dalam materi ushul fiqh, hingga Imam asy-Syafi’i harus memformulasikannya sebagai sebuah disiplin ilmu yang ia tuangkan di dalam kitabnya al-Risalah. Seperti apakah displin ilmu yang dituangkan al-Syafi’i di dalam kitabnya al-Risalah tersebut ? (skor : 40)

2.      Sunnah adalah segala sesuatu yang diriwayatkan oleh nabi Muhammad saw baik dalam bentuk ucapan, perbuatan, maupun pengakuan dan sifat nabi. Ia disampaikan dan disebarluaskan oleh yang melihat, mendengar dan mengalaminya dari nabi Muhammad saw secara berantai melalui pemberitaan/khabar, sehingga sampai kepada orang yang mengumpulkan, menuliskan, dan membukukannya yakni sekitar abad ke-3 H. Lalu apakah fungsi al-Sunnah di dalam hukum Islam ? Jelaskan beserta contohnya. (skor 40)

3.      Jelaskan dengan baik definisi dari ijtihad, mujtahid dan sifat di dalamnya ? (skor : 20)

Kriteria Penilaian :

Soal 1             : bila tidak sempurna, skor 20. Bila lengkap, skor 40

Soal 2             : bila hanya memaparkan setengahnya saja, skor 20

bila lengkap, skor 40

Soal 3             : bila hanya menyebutkan definisi, skor 10

bila lengkap, skor 20

Manado, ……………..20…

Dosen

AHMAD RAJAFI, MHI

NIP. 19840414 200901 1 012

***TIME LINE***

NO TANGGAL PERTEMUAN  

MATERI

PENANGGUNG JAWAB
1 Definisi dan Perbedaan fiqh dan ushul fiqh Mahasiswa dan Dosen
2 Sejarah muncul dan pertumbuhan ushul fiqh Mahasiswa dan Dosen
3 Sejarah perkembangan ushul fiqh sebagai disiplin ilmu Mahasiswa dan Dosen
4 Ruang lingkup kajian di dalam ushul fiqh Mahasiswa dan Dosen
5 Definisi dan pembagian tentang al-hukm Mahasiswa dan Dosen
6 Definisi dan pembagian hukum taklif Mahasiswa dan Dosen
7 Definisi dan pembagian hukum wadh’i Mahasiswa dan Dosen
8 U T S Mahasiswa dan Dosen
9 Penjelasan al-hakim, mahkum bih/fih, dan mahkum ‘alaih Mahasiswa dan Dosen
10 al-Qur’an sebagai sumber dan dalil perumusan hukum Islam Mahasiswa dan Dosen
11 al-Sunnah sebagai sumber dan dalil perumusan hukum Islam Mahasiswa dan Dosen
12 al-Ijma’ sebagai sumber dan dalil dalam perumusan hukum Islam Mahasiswa dan Dosen
13 al-Qiyas sebagai sumber dan dalil dalam perumusan hukum Islam Mahasiswa dan Dosen
14 Penyelesaian benturan antara dalil dengan nasakh dan tarjih Mahasiswa dan Dosen
15 Metode istinbath dengan pendekatan lafzhi dan maknawi Mahasiswa dan Dosen
16 Penjelasan tentang ijtihad, mujtahid dan sifatnya Mahasiswa dan Dosen
17 UAS

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s