MEMBERI UANG UNTUK MENJADI PNS

A. Pendahuluan.

Pembahasan tentang isu negatif dalam penerimaan Calon Pegawai Negri Sipil (selanjutnya ditulis CPNS) Pusat maupun Daerah seolah tak ada habisnya di Indonesia ini, mulai dari isu lelang kursi pegawai, bangku kosong yang lulus, sampai pada kabar penggunaan joki di dalam ujian. Hal ini memberikan efek negatif di dalam diri masyarakat sehingga mereka merasa pesimistis dan skeptis untuk mendaftar di tes CPNS pada tahun-tahun yang akan datang.

Negative issue yang terus di blow up oleh hampir di seluruh surat kabar, menunjukkan betapa kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah mulai memudar. Masyarakat tidak akan pernah dapat merasakan sebagai bagian dari warga negara Indonesia yang merdeka (berkehidupan kebangsaan yang bebas), karena Pemerintah Daerah dianggap tidak menjalankan isi Preambule UUD 1945, yakni memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan dicabutnya hak “pemenang kejuaran” di dalam tes CPNS karena prilaku negatif di atas, maka sudah barang tentu mereka tidak mendapatkan keadilan sehingga kesejahteraan mereka terhambat. Dan dengan terus dijalankannya kegiatan negatif di atas secara continuous, berarti Pemerintah Daerah telah melakukan kebohongan publik, sehingga menghilangkan cita-cita luhur bangsa Indonesia, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sesungguhnya yang menarik untuk disikapi lebih lanjut adalah, perilaku umat Islam hampir di seluruh daerah di Indonesia ini yang selalu bergairah dalam menjalani dosa disetiap penerimaan CPNS. Perilaku seperti ini seolah tidak pernah terbayang di dalam diri mereka bahwa hal tersebut merupakan perbutan dosa. Bahkan yang ada adalah, hitung-hitungan secara matematis untung rugi pra dan pasca kelulusan. Bagi mereka tidak ada masalah untuk mengeluarkan ratusan juta asalkan anak mereka diterima, karena jika diterima, hanya dalam waktu beberapa tahun saja, modal mereka akan kembali.

Ironinya adalah, para ulama-ulama Indonesia seolah cenderung menarik diri (resignasi) dari pembahasan di atas. Bahkan ada sebahagian ulama yang mengatakan bahwa hal tersebut merupakan hadiah saja, bukan bagian dari suap-menyuap (al-rasyi wa al-murtasyi), dan di dalam hukum Islam, hadiah hukumnya halal. Jika diperhatikan jawaban di atas, maka terasa sekali sifat ketidak tawadhu’-an (rendah hati) dan sifat ketidak aliman orang yang dianggap ulama di atas, karena hal yang syubhat (abu-abu) dihalakan. Hal ini menunjukkan betapa mereka seolah-olah tidak mengetahui, di mana urusan syubhat (abu-abu) yang dianggap sebagai sesuatu yang halal itu, merupakan perbutan yang tidak dibenarkan di dalam Islam.

Oleh karenanya melalui tulisan ini, penulis mencoba untuk mengkaji perilaku negatif di dalam penerimaan CPNS melalui prespektif hukum Islam dengan pendekatan mafhum mukhalafah (pemahaman tersirat). Di mana menurut hemat penulis yang kemudian dijadikan sebagai hipotesa dalam tulisan ini, pelaku joki, pemberi dan penerima suap, pelelang kursi pegawai, merupakan perbuatan yang haram dengan predikat dosa jariah (dosa yang terus mengalir).

B. Pembahasan.

1.      Bekerja Sebagai PNS.

Seorang muslim diperbolehkan bekerja mencari rezeki dengan jalan menjadi PNS, selama ia mampu memikul pekerjaannya dan dapat menunaikan kewajiban. Tetapi, di samping itu seorang muslim tidak boleh mencalonkan dirinya untuk suatu pekerjaan yang bukan ahlinya, lebih-lebih menduduki jabatan hakim. Abu Huraairah menriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :

عَنْ أبِيْ هُرَ يْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ : وَ يْلٌ لِلأُمَرَاءِ وَ وَ يْلٌ لِلْعُرَفَاءِ وَوَ يْلٌ لِلأُمَنَاِء لَيَتَمَنَّيَنَّ أَقْوَامٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنَّ ذَوَائِبَهُمْ كَانَتْ مُعَلَّقَةً بِالثُّرَ يَّا يَدَلْدَلُوْنَ بَيْنَ السَّمَاءِ وَ اْلأَرْضِ وَ أَ نَّهُمْ لَمْ يَلُوْا عَمَلاً{رواه الحاكم}

Artinya : “neraka wel bagi para pemimpin, mandor, dan bendahara. Sungguh ada beberapa kaum yang menginginkan kulit-kulitnya itu bergantung di bintang yang tinggi, kemudian mereka akan diulurkan antara langit dan bumi karena sesungguhnya mereka itu tidak pernah menguasai apa yang mereka kerjakan.” [HR. al-Hakim]

Berdasarkan hadits di atas, maka seorang muslim tidak diperbolehkan ambisi pada kedudukan-kedudukan yang besar dan berusaha di belakang kedudukan itu sekalipun dia ada kemampuan. Rasionalisasinya adalah, bahwa jika kedudukan itu dijadikan sebagai pelindung, maka kedudukan itu sendiri yang akan menghambat dirinya. Dalam hal ini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah menjelaskan :

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه و سلم: لاَ تَسْأَلِ الإِمَارَةَ ، فَإِنَّكَ إِنْ أُعْطِيتَهَا عَنْ غَيْرِ مَسْأَلَةٍ أُعِنْتَ عَلَيْهَا ، وَإِنْ أُعْطِيتَهَا عَنْ مَسْأَلَةٍ وُكِلْتَ إِلَيْهَا {رواه البخارى}

Artinya : “janganlah kamu meminta kekuasaan, karena jika engkau diberinya, padahal engkau tidak meminta, maka engkau akan diberi pertolongan, tetapi jika engkau diberinya itu lantaran meminta, maka engkau akan dibebaninya.” [HR. al-Bukhari]

Ini, kalau tidak diketahui bahwa orang lain tidak akan mampu mengatasi permasalahan dari kursi yang ia duduki, dan apabila dia tidak tampil niscaya kemaslahatan akan tidak teratur dan retaklah tali persoalan. Akan tetapi bila dia tahu bahwa hanya dailah yang mampu, maka dia boleh bersikap seperti apa yang dikisahkan al-Qur’an tentang Nabiyullah Yusuf ‘alaihis salam, yang berkata kepada sang raja :

قَالَ اجْعَلْنِي عَلَى خَزَائِنِ اْلأَرْضِ إِنِّي حَفِيظٌ عَلِيمٌ {يوسف : 55}

Artinya : “(Yusuf) berkata, jadikanlah aku untuk mengurusi perbendaharaan (gudang) bumi karena sesungguhnya aku orang yang sangat menjaga dan mengetahui.” [QS. Yusuf : 55]

Demikianlah tata tertib Islam dalam mengatur masalah mencari pekerjaan yang bersifat politis dan sebagainya.

2.      Hukum Memberikan Sesuatu Untuk Menjadi PNS.

Selama ini setiap muslim hanya mengetahui amal jariyah (pahala perbuatan yang terus mengalir) saja di dalam Islam melalui ungkapan hadits Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menjelaskan :

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ {رواه مسلم}[1]

Artinya : “jika meninggal anak Adam, maka terputuslah seluruh pahalanya kecuali tiga hal; sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak soleh yang selalu mendoakan kedua orang tuanya.” (HR. Muslim).

Secara eksplisit hadits ini menunjukkan, betapa Allah subhanahu wa ta’ala akan memberikan pahala (reward) yang tidak akan pernah berhenti mengalir bagi siapa saja yang melakukan tiga hal di atas. Dan tiga hal tersebut jika ditelaah secara seksama adalah orang-orang yang telah memberikan manfaat berlebih untuk orang lain. Namun, secara implisit, hadits di atas sesungguhnya memberikan gambaran kepada umat Islam, bahwa selain adanya amal jariah maka tentunya ada pula dosa jariah. Rasionalisasi seperti ini sangatlah layak (reasonable) untuk terus dikembangkan.

Penentuan makna secara implisit ini di dalam teori ushul fiqh (jurisprudensi) disebut dengan mafhum mukhalafah (pemahaman tersirat), yang bermakna “indikasi dari ungkapan tertentu terhadap ketetapan hukum bagi objek yang tidak dibicarakan pada teks itu merupakan lawan atau kebalikan dari sesuatu yang ditunjuk oleh apa yang diucapkan karena ketiadaan batasan dari beberapa batasan pengikat yang layak dipertimbangkan dalam penetapan hukum tertentu.” Singktanya yakni, penetapan hukum bagi yang tidak disebutkan oleh nash berlawanan dengan yang disebutkan.[2]

Dengan berdasarkan definisi di atas maka jelaslah bahwa dosa jariah benar adanya di dalam Islam, dengan penalaran (rasionalisasi) bahwa penentuan dosa jariah merupakan sesuatu yang harus dipertimbangkan dalam penetapan hukum tertentu. Yakni, hukum bagi orang-orang yang melakukan kecurangan di dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD), seperti lelang kursi pegawai, bangku kosong yang lulus, sampai pada penggunaan joki di dalam ujian.

Dosa yang terus mengalir tanpa henti ini (dosa jariah) sengaja dipredikatkan kepada mereka karena ke-mudharatan (kejahatan) sosial yang telah dilakukan. Hal ini disebut sebagai kejahatan sosial karena beribu-ribu peserta tes dicurangi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Artinya, jika amal jariah disematkan kepada orang-orang yang memberikan manfaat sosial, maka dosa jariah disematkan kepada orang-orang yang memberikan ke-mudharatan sosial.

Hal di atas juga sejalan dengan ungkapan Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam ;

مَنْ سَنَّ فِي اْلإِسْلاَمِ سُنَّةً سَيِّئَةً فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ كُتِبَ عَلَيْهِ مِثْلُ وِزْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا وَ لاَ  يَنْقُصُ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَيْءٌ{رواه مسلم}[3]

Artinya : “barang siapa dalam Islam melestariakan tradisi yang buruk, maka baginya dosa dan dosa orang-orang yang melaksankan, sesudahnya tanpa menguarangi dosa-dosa mereka sedikitpun”. (HR. Muslim)

Dengan demikian, hukum Islam tidak membenarkan segala perbuatan yang hanya dilakukan untuk hal-hal yang diharamkan, apalagi untuk mengumpulkan dosa jariah di setiap penerimaan calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD), seperti lelang kursi pegawai, bangku kosong yang lulus, sampai pada penggunaan joki di dalam ujian. Adapun orang-orang yang mengetahui kejatahan sosial tersebut juga harus memberitahukan kepada petugas yang berkompeten untuk melakukan pemeriksaan (inspection), jangan sampai hanya taken for granted (terima apa adanya), karena memberikan keleluasaan menuju kejahatan (dosa) juga merupakan kejahatan (dosa) yang perlu dihindari.

C. Kesimpulan.

Melalui penjelasan di atas, maka hukum memberikan uang untuk menjadi PNS adalah perbuatan risywah (suap-menyuap) dan merupakan dosa besar bahkan dengan predikat dosa jariah. Di mana dosanya akan terus mengalir sampai bertemunya dengan yaum al-hisab.


[1] Imam Abu Zakariya al-Nawawi, Riyadh al-Shalihin, (Jakarta: Pustaka Azzam, 2003), Jilid 2, h. 320

[2] Abdul Karim Zaidan, al-Wajiz fi Ushul al-Fiqh, (Baghdad: al-Dar al-Arabiyyah Littiba’ah, 1977), Cet. VI, h. 370

[3] Imâm Muslim, Shahih Muslim Bab Man Sanna Sunnatan Hasanatan No. 4830, Juz 13, h. 163, CD. al-Maktabah al-Syamilah

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s